Pages

Senin, 26 Desember 2011

Ternyata Internet itu memang Betul Ladang Dollar juga loh... : Hanya Catatan Kecil

...Selain facebookan dan tempat nyari tugas-tugas sekolah (buat anak sekolah :)), ternyata internet itu ladang dollar juga...berikut sedikit share pengalaman saya... mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi buat temen-temen FB semuah yang baca...

------------

Saya mengenal bisnis online sekitar tahun 2007. Sama seperti kebanyakan pemula lainnya, saya terjebak penawaran instant dari beberapa webiste. "Ingin mendapat penghasilan jutaan dalam sehari?", "Ingin Sukses dengan cara mudah?", dan sebutlah kata-kata penuh buaian lainnya yang tersebar di dunia internet saat itu. Kata-kata yang pada kenyataannya hanya menyeret pada ceruk kegagalan yang lebih dalam.

Namun memang, sepertinya kegagalan hanya sebagian settingan dari kehidupan sesungguhnya. "Welcome to the Jungle !" jerit Guns & Roses! Dari titik itulah saya ingin lebih jauh mengenal bisnis online. Saya mulai perburuan, sampai menemukan titik jenuh dan pernyataan extrim bahwa Bisnis Online itu memang HOAX!

---

Sekitar akhir tahun 2010, saya dipaksa untuk tahu bahwa adik sepupu saya baru saja mencairkan uang sekitar 11 juta! "Hah? uang dari mana?!" Sementara dia saat itu tidak memiliki pekerjaan apapun. Setidaknya itu yang diketahui orang-orang yang ada disekitarnya, termasuk saya. Apa ini HOAX juga???

Ternyata itu faktual. Keesokan harinya, paman saya (alias orang tua dia) membicarakan tentang 11 juta tersebut. Mereka juga tidak mengetahui sumber uang tersebut. Wah, ternyata 11 juta itu bukan HOAX, yang kemudian menjadi persoalan adalah sumbernya.

---

Konon ia mengumpulkan uang tersebut hanya dalam waktu satu bulan. Ia mengaku kepada saya bahwa hal tersebut ada hubungannya dengan bisnis online. Dia sendiri tidak tahu model bisnis apa yang ia kerjakan setiap malam tersebut. Ia hanya mengikuti instruksi temannya untuk melakukan sesuatu secara rutin, yaitu memposting flim-film televisi luar negeri ke sebuah blog (wordpress) yang sudah siap dan men-sharenya ke beberapa situs social bookmark. Dia betul-betul tidak tahu menahu mengenai apa yang sedang dia kerjakan.

Berbekal sedikit pengetahuan mengenai bisnis online, saya tahu bahwa ia bermain CPA (Cost Per Actions), salah satu model bisnis online yang diterapkan dengan memanfaatkan acara TV luar negeri. kurang lebih begini gambaran sederhananya; Publisher (dalam hal ini adik saya) akan mendapatkan pemasukan sekian dollar apabila berhasil membuat seseorang melakukan action terhadap iklan tertentu. Iklan tersebut bisa berupa survey, email submit, dll. Adik saya memasang iklan tersebut dalam sebuah acara TV yang diposting di website tertentu, jadi, pengunjung hanya bisa menonton film tersebut apabila sudah melakukan aksi tertentu yang diminta pengiklan. Semakin banyak aksi, tentu akan semakin banyak pula penghasilan kita.

Hm...siapa yang tidak mau berpenghasilan sekitar $1300 dalam satu bulan? Bagi seorang guru honorer seperti saya, bahkan bermimpi pun tidak berani...hihi

Saya mencoba peruntungan dengan membangun TV Show site. saya mencari informasi dari google mengenai apa yang tidak saya ketahui dan apa yang tidak saya bisa. Saya juga rajin mengintip perbincangan di forum-forum. Tetapi sayang sekali, saya memiliki masalah dengan akses internet. Maklum, saya hidup di kaki gunung ciremai. dan itupun di desa dalam. Saya tidak bisa mengerjakannya secara maksimal. Alhasil, saya hanya bisa mendapat income sekitar $3 selama sekitar setengah bulan

Saya segera mencari alternatif lainnya. Dari adik saya yang newbie itulah saya mendapat ebook tutorial mengenai bisnis Ebay. saya begitu lahap mempelajarinya. sampai kemudian mempraktekkannya.

Bulan pertama, kedua, dan ketiga berlalu, hampir saja saya melupakan mimpi 4 digit dollar karena hasil yang di dapat sangat sedikit, apalagi kalau dibandingkan pendapatan  adik saya. Tetapi lagi-lagi ada yang memacu saya untuk mencari rejeki dari Internet. Saya hanya merasa harus memiliki penghasilan dari hobi online saya. Bukan dari sesuatu yang saya anggap tidak menyenangkan.

Ya! selama perburuan itu, saya juga mendapat penawaran "jalan instant" menjadi PNS. saya juga telah mendapat dukungan dari kiri kanan saya. baik moril maupun materil. Tetapi saya tidak mau melakukannya! saya tidak menyalahkan jalan itu, saya hanya merasa harus membuktikan bahwa ada jalan lain yang lebih pair dan menyenangkan!...haha....

Sekitar pertengahan bulan keempat, limitasi sudah terlepas dari akun seller saya. Aha! saya mulai keluar dari ikatan tutorial yang saya pelajari. Saya berburu produk yang bisa memberikan penghasilan lebih dari apa yang saya dapatkan sebelumnya.

Sampai kemudian saya terdampar di aliexpress (aliexpress.com).

Saya suka aliexpress karena di sana tempat berkumpulnya supplier berbagai jenis barang, bukan hanya produk dari single supplier seperti pada situs dropshipper lain yang saya kenal sebelumnya.

Saya berperan sebagai orang yang banyak uang, yang sedang memilih barang-barang di aliexpress, dan apapun yang saya suka akan saya beli. Saya berburu item yang akan dijual di ebay dengan pola sederhana semacam itu. hanya berdasar rasa suka dan "sepertinya akan laris manis!". Setelah mendapatkan produk tertentu yang saya suka, saya melakukan pencarian di ebay. Saya perhatikan apakah produk tersebut laris atau tidak di ebay. Saya perhatikan pesaing dan harga dari seller lain untuk memperhitungkan selisih keuntungan yang mungkin saya dapatkan dari produk tersebut (misal saya jual dengan harga yang sama).

Singkat kata, saya mendapat satu item yang potensial (berupa software). Saya listing, dan sekitar sehari setelahnya, item itu sold 3 item dalam satu hari. Dengan keuntungan $70 per item. Haha... tentunya saya semakin terpacu. itulah pertama kali saya mendapat tiga digit dollar dalam satu hari. hm,,,pengalaman yang sangat berkesan tentunya! sekaligus menyedihkan, tapi. karena kemudian item tersebut ternyata terkena mba Vero

Saya terus melakukan riset sederhana. kali ini saya harus lebih hati-hati...dan kemudian mendapatkan beberapa item lain yang potensial dan kelihatan aman. Alhamdulilah metode sederhana itu selalu berhasil. Setiap hari $$$ mengalir ke akun paypai saya. Saat itu saya bisa mengumpulkan uang untuk membeli laptop hanya dalam waktu dua hari. Itu tentu luar biasa dalam kehidupan sederhana saya. Yang lebih menyenangkan lagi, saya bisa berbagi dengan keluarga.

Tetapi, keadaan tersebut hanya bisa bertahan sekitar 5 bulan. semuanya berubah sejak ada pihak lain yang menerobos akun paypai saya. Dan itu terjadi sekitar 3 kali, sampai pada akhirnya paypai memutuskan untuk menutup akun saya tentunya hal tersebut sempat membuat saya kelimpungan. Saya mencoba membuat akun baru, dan lagi-lagi terkena limit sampai kemudian ditutup lagi. beberapa kali saya harus refund uang buyer karena akun di limit. di lepas. di limit. dan kemudian "CLOSED"
Tidak hanya paypai, karena saya terlalu bernafsu, beberapa kali saya tidak menyadari menjual barang yang rawan VERo. Pertama kali di suspend, 7 hari, kena lagi di suspend 14 hari, kena lagi...dan akhirnya akun ebay saya pun terkena suspend satu tahun! padahal hanya tinggal menunggu waktu menjadi Top Seller.

.....

Sekarang saya sedang membangun satu akun lainnya yang selamat diantara 6 akun baru lainnya, dan itupun masih dalam keadaan limit.... saya hanya berhasil mengumpulkan sekitar $29 di bulan pertama! tapi ya Alhamdulillah ya....mudah-mudahan besok atau lusa, saya bisa meningkatkan income kembali,,,

......

Salah satu pelajaran yang saya dapat adalah bahwa bisnis online merupakan salah satu model bisnis real! bisnis yang membutuhkan kerja keras. seperti juga bisnis lainnya. dan tentunya profesional.

..............masih ada sambungannya....atau revisiannya.... :) thanks dah baca...

(Catatan ini pernah di publish di kaskus. Kalau minat belajar bareng monggo sering berkunjung ke blog saya abditito.info....mudah-mudahan ada mood untuk share...wkk)


1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah mantapbang,,, o tanya nih, itu gmna ya kalo kena limit.?? masak ebay ane lgi mo ngelist/jual barang trus kena suspend..???
mohon bantuannya gan... makasih :D

Copyright © 2014 Nge-Blog. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.