Pages

Minggu, 20 November 2011

Cara mudah Edit Nama Sekolah, Nama Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, dll dalam RPP atau Silabus dengan Sekali Klik

Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) seperti menjadi pekerjaan baru bagi guru selain mengajar.  Kita mungkin setuju bahwa rencana yang matang merupakan 99% kesuksesan. Tentunya, perencanaan yang tidak menyita waktu proses belajar mengajar.

Beberapa guru menyiasati tugas barunya itu dengan menggunakan RPP atau Silabus yang sudah ada. Mereka biasanya hanya mengganti beberapa identitas sekolah yang ada pada RPP atau Silabus "jadi" tersebut. Namun tidak jarang yang mengganti identitas tersebut dengan cara manual. Mereka mengganti identitas satu persatu. Padahal ada fasilitas untuk mempermudah pekerjaan itu.

Berikut ni tutorial singkat mengenai "Cara mudah Edit Nama Sekolah, Nama Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran, dll dalam RPP atau Silabus".

Teks yang bisa menggunakan cara ini hanyalah teks yang sama seperti nama sekolah, nama guru mata pelajaran, nama kepala sekolah.




Sebelumnya, silahkan anda membuka dokumen RPP yang ingin di ubah. Perhatikan bagian yang ingin di ubah. Misalnya mengenai "nama sekolah". Apakah karakternya sama? kalau tampilannya seperti ini, "Nama Sekolah: ........................." di seluruh halaman, maka pekerjaan anda akan selesai secepat kilat. hehe...Perbedaan jumlah titik-titik saja, perintah tidak akan bekerja.

Lihat gambar.
1. Blok "Nama Sekolah: ........................." (berikut titik-titik)
2. Klik menu "replace" pada menu Home - editoring. Pada word 2003 ke bawah, perintah ini ada di dalam menu "edit".
3. Jendela perintah "replace" akan muncul seperti tampak pada gambar. "Paste" teks yang ingin di ubah pada bagian "Find What", dan pada bagian "replace with" kemudian ganti titik-titik pada "replace with" dengan nama sekolah anda, misalnya "MTs Mursyidul Falah" (tanpa tanda kutip). Perintah ini akan membuat seluruh teks "Nama Sekolah: ..............................." yang ada di seluruh halaman berubah otomatis menjadi teks yang diperintahkan pada kolom "replace with". Klik "Raplace All" dan biarkan proses berjalan beberapa detik sampai muncul pemberitahuan hasil perintah tersebut.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, silahkan periksa halaman-halaman yang memiliki teks "nama sekolah: ......................." kalau ada yang masih belum berubah, berarti ada karakter yang berbeda. Anda bisa mengulangi proses di atas dengan cara meng-copy teks yang tidak berubah tersebut.

Dalam kebanyakan dokumen RPP, cara ini bisa diaplikasikan untuk mengganti nama sekolah, nama kepala sekolah, nama guru mata pelajaran, dan nama mata pelajaran.

Khusus untuk teks yang terdapat dalam teks box, dalam hal ini sebagai sampul/ pemisah halaman, anda bisa melakukan proses di atas satu persatu dengan cara menempatkan kursor dalam kolom target.

Sekian, semoga membantu. Apabila ada yang masih belum faham, silahkan memberikan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah tulisan ini.

0 komentar:

Copyright © 2014 Nge-Blog. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.